Home » » CARA MUDAH MEMBUAT KETUPAT

CARA MUDAH MEMBUAT KETUPAT

Alhamdulillah, tak terasa Ramadhan akan berlalu dan kemenangan pun akan tiba, tentunya di hari yang spesial tersebut tak lengkap rasanya jika tidak ada ketupat. Nasi yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sering di sajikan saat hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Berbicara tentang ketupat apakah anda sudah tau cara membuat ketupat ? Membuat ketupat memang tidak terlalu sulit, tetapi sebenarnya untuk membuatnya, diperlukan latihan agar ketupat tersebut kelihatan sempurna dan enak dimakan. :)

Nah, bagi yang belum tau bagaimana cara membuat ketupat saya akan berbagi tips tentang cara menganyam dan membuat ketupat.

I. Cara menganyam kulit ketupat
Bahan yang digunakan adalah janur dari daun kelapa yang masih muda.


  • Gulung Janur sebanyak tiga kali dengan posisi bagian pangkal janur menghadap ke atas.
  • Ambil satu janur lagi, lalu gulungkan juga pada tangan sebanyak tiga kali. Tapi kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.
  • Buatlah kedua gulungan janur tersebut menjadi saling bersilangan dan janur harus tetap dalam keadaan posisi tergulung.
  • Kemudian ambil salah satu ujung janur lalu putar ke belakang susunan janur tadi.
  • Masukkan ujung janur yang tadi sudah diputar ke belakang menuju ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tadi dilakukan seperti mengayam.
  • Teruskan anyaman janur tadi sampai bawah dan lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.
  • Pangkal janur yang telah berada di samping, langsung bisa dianyam ke atas. Lakukan hal seperti ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.
Masih bingung?silahkan lihat gambar dibawah ini


II. Cara Buat Ketupat
  1. Cuci beras sampai bersih,  kemudian rendam dalam air dingin dan tambahkan air kapur sirih selama kurang lebih 3 jam. Tiriskan.
  2. Isi kulit ketupat atau janur dengan beras hingga 2/3 bagian kulit ketupat.
  3. Didihkan air, lalu masukkan ketupat yang sudah diisi beras tadi. Rebus kurang lebih selama 4 - 5 jam sampai matang. Pastikan ketupat selalu terendam. Anda bisa menambahkan air panas jika ketupat tidak terendam.
  4. Angkat, kemudian siram dengan air matang dingin agar kulit ketupat tetap bersih, tiriskan dengan digantung hingga kering.
Ketupat sudah selesai dibuat. Dapat di sajikan dengan opor ayam atau sayur labu siam, tergantung selera, hehehe....

Semoga tips cara mudah membuat ketupat dapat bermanfaat, terimah kasi telah berkunjung di blog dbugiest. Wassalam,


Artikel Terkait Tips

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dbugiest Blog

2 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DBUGIEST BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger