Home » » Ayo Lakukan Investasi, Maka Anda Kaya

Ayo Lakukan Investasi, Maka Anda Kaya

Berbicara tentang investasi, di era modern ini bukanlah sesuatu yang asing. Semua orang mungkin pernah mendengar kata ini bahkan bisa jadi setiap hari kita mendengarnya, namun menurut sebagian orang mengartikan investasi dengan pemahaman yang berbeda.

Investasi memiliki arti yang luas. Kita sering mendengar bahwa investasi yang terptenting adalah pendidikan. Investasi adalah meluangkan/memanfaatkan waktu, uang atau tenaga dengan harapan mendapatkan keuntungan/manfaat di masa datang. Investasi adalah mengeluarkan sejumlah uang atau menyimpan uang pada sesuatu dengan harapan suatu saat mendapat keuntungan financial. atau Investasi adalah melakukan sesuatu di waktu saat ini dengan harapan untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak dimasa yang akan datang. Namun, yang dibahas disini hanya terbatas pada aset yang berhubungan dengan perencanaan keuangan utamanya aset finansial saja.

Mengenai penambahan aset atau kekayaan, alangkah bijak jika kita melakukan evaluasi terhadap aset bersih yang kita miliki. Aset atau kekayaan bersih adalah selisih dari total kekayaan atau harta yang dimiliki dikurangi oleh seluruh utang yang ada.

Jadi apa yang dimaksud dengan kekayaan ?. Kekayaan atau harta adalah segala bentuk materi yang dimiliki dan memiliki nilai jual secara ekonomis, seperti saldo pada Bank (tabungan, deposito & giro), nilai tunai asuransi jiwa, nilai pasar atas aset investasi (obligasi, reksa dana & saham),  nilai pasar alat -alat rumah tangga (peralatan dapur, elektronik, dll), nilai pasar perhiasan emas murni (logam mulia),  nilai pasar kendaraan (mobil, motor), nilai pasar perabotan rumah (furniture), nilai barang pribadi, dll.
    Lalu bagaimana cara meningkatkan aset tersebut?.
    Lakukanlah investasi, berikut adalah langkah-langkahnya:

    1. Lakukan investasi dengan jumlah minimal 10% dari pendapatan,

    2. Sebelum melakukan investasi, tentukan sasaran (target) investasi tersebut. Misalnya menyimpan emas, sampai kapan dan akan di gunakan untuk apa saja. Gunannya adalah untuk penetapan jangka waktu melakukan penyimpanan emas, dan berapa uang yang disiapkan untuk mencapai tujuan itu.

    3. Lakukan penyebaran investasi dalam berbagai instrumen investasi. Atau beli reksadana yang merupakan gabungan dari beberapa instrumen investasi yang nilainya stabil.

    4. Tentukan instrumen investasi anda berdasarkan waktu yang tersedia, bentuklah portfolio investasi pribadi anda,

    5. Lakukan proteksi atas aset finansial dengan membeli asuransi jiwa melalui produk tradisional dengan jenis YRT (Yearly Renewable Term) yakni produk yang hanya memberikan uang pertanggungan tanpa ada unsur investasi ataupun tabungan. Mengapa jenis ini?, karena memiliki uang pertanggungan yang besar dengan premi yang minimal, sedangkan asuransi yang dikombinasikan dengan investasi (unit link) terbukti biaya di 5 tahun pertama adalah sangat mahal.

    Jadi berdasarkan penjelasan diatas maka seseorang tidak akan bertambah kaya jika dia:
    • Tidak melakukan investasi;
    • Melakukan investasi tetapi pertumbuhan hasilnya dibawah inflasi.

    Maka dapat disimpulkan bahwa investasi merupakan suatu bentuk pengorbanan kekayaan di masa sekarang untuk mendapatkan keuntungan di masa depan dengan tingkat resiko tertentu.

    Jika ingin menjadi kaya secara finansial ada pesan yang pertama yaitu "Lakukanlah Investasi maka Anda Menjadi Kaya", jangan berpikir terbalik "Lakukan Investasi Jika Telah Kaya!'. Pesan sederhana ini silahkan dicoba karena sejauh yang kami ketahui orang terkaya didunia melakukan pesan yang pertama, selamat mencoba.

    Artikel Terkait Zona Bisnis

    Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dbugiest Blog

    1 komentar:

    1. thank nich masukkannya.tpi memang slit juga nich untuk ttap kontstan menginvestasikan sedikit penghasilan

      BalasHapus

     
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    Copyright © 2011. DBUGIEST BLOG - All Rights Reserved
    Template Modify by Creating Website
    Proudly powered by Blogger